Pengertian Niche
1. Posisi / aktifitas
yang cocok bagi bakat dan kepribadian seseorang sehingga dia bisa sukses
berkembang dalam area keahlian tsb.
2. Pasar yg telah
terkonsentrasi. Pangsa pasar yg terspesialisasi pada satu jenis produk atau
layanan.
ceruk adalah suatu kelompok kecil yang memiliki kekuatan besar, kelompok
ini berusaha untuk membentuk atau menciptakan inovasi-inovasi terbaru, yang
akan menaruk minat konsumen dalam pangsa pasar, dan memiliki daya saing yang
sangat tinggi.
Niche memang merupakan frase kata
untuk topik atau subjek tertentu yang fokus dan potensial diminati oleh
kelompok tertentu (popular). Dalam tata bahasa Indonesia kata niche dapat
diartikan sebagai “ceruk”. Menurut wikipedia kata niche diberi pengertian sebagai
‘bagian dari sektor pasar yang fokus dan ditargetkan’
Niche market atau ceruk pasar atau
relung pasar adalah peluang kecil yang terdapat dalam sebuah pasar. Pasar yang
dilayani dalam niche marketing ini umumnya sangat spesifik sesuai dengan
kebutuhan orang-orang tertentu saja.
Para pemain pada niche market
memerlukan pemahaman yang mendalam dengan konsumen mereka dan dengan kebutuhan
konsumen serta kemampuan untuk tetap terhubung dengan konsumen-konsumen
tersebut. Pengusaha niche market yang ideal harus secara konsisten memproduksi
produk yang inovatif dan berkualitas. Melayani niche market membutuhkan
perusahaan untuk fokus pada pemenuhan kebutuhan dari kelompok yang lebih kecil
dari keseluruhan pelanggan tanpa mengorbankan kesempatan untuk meningkatkan
daya tarik untuk pasar yang lebih luas.
Dengan strategi niche market, biaya
yang dikeluarkan dapat lebih efektif. Misalnya jika produk yang ditawarkan
hanya untuk golongan di suatu wilayah tertentu, anda bisa beriklan di radio
setempat misalnya, atau jika produk yang ditawarkan hanya untuk kalangan
tertentu, anda bisa mengiklankan produk anda pada komunitas-komunitas online.
Keuntungan mengolah niche market,
persaingan umumnya lebih kecil dibandingkan jika mentargetkan pada pasar besar
dengan pemain-pemain pasar yang sudah stabil. Meskipun begitu, niche market
tidak imun terhadap persaingan, terutama dari pemain pasar yang sudah besar
dengan substansi sumber daya dan ekonomi yang kuat. Untuk menghadapinya, selalu
berikan produk dengan inovasi dan kualitas yang tinggi.
Untuk memberikan kepuasan pada ceruk
pasar, pastikan bahwa produk yang ditawarkan sudah memenuhi kebutuhan konsumen
yang unik. Mulailah dengan variasi jasa atau variasi produk yang mungkin dapat
ditawarkan pada konsumen
Konsumen pada ceruk pasar juga akan
lebih mudah didekati dengan kata-kata yang tepat sasaran. Untuk mendapatkan
kata-kata yang tepat dan mudah dipahami oleh konsumen niche market ini, perlu
memahami bagaimana bahasa yang mereka pergunakan. Kemudian, sesuaikan dengan slogan
perusahaan. Dan sebelum bergerak untuk memasarkan produk, perlu dilakukan tes
pasar untuk mengukur penerimaan pasar pada produk atau jasa yang ditawarkan.
Ceruk yang tepat dapat terus
bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan biasanya konsumen dalam ceruk
pasar memiliki loyalitas yang tinggi. Yang penting adalah terus melakukan
inovasi dan pemahaman akan kebutuhan konsumen yang saat ini semakin dinamis.
SUMBER : http://tips-ngeblog.blogspot.com/2011/04/memahami-ceruk- pasar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar