Kita seringkali mendengar kata
eksekutif, apalagi eksekutif muda. Profesi ini tentu menjadi impian banyak
orang dan ternyata semua orang bisa menjadi eksekutif sukses di bidangnya.
Eksekutif adalah semua karyawan yang
karena ilmu atau jabatannya mampu memberikan kinerja atau output yang positif
bagi organisasi. Artinya, Eksekutif tidak terbatas pada jabatan Direksi atau
Manajer saja, bahkan Kepala Ruangan Keperawatan, atau Kepala Unit Cleaning
Service, yang mampu memberikan pelayanan yg memuaskan bagi pasiennya di RS
adalah juga seorang Eksekutif.
Ciri Eksekutif yg terpenting adalah
"...To get the right things Done". Bagaimana dia menyelesaikan
pekerjaannya secara baik dan tepat dalam waktu yang tepat. Seorang eksekutif
tidak bertanya:"Apa saja yg harus dikerjakan?" , tetapi
bertanya:" Apa yang saat ini harus dikerjakan!" . Lalu akan menilai
"...dari semua masalah yang bisa membuat perubahan, mana yang cocok untuk
saya?" . karena mereka tak akan menangani masalah yang mereka tidak
kuasai, mereka hanya memilih yg mereka kuasai saja. Mereka akan melepaskan
masalah lain tadi pada orang yg tepat dan menguasai bidang tsb. Mereka tidak
takut mempunyai bawahan yang jauh lebih pandai dari mereka.
Mereka harus berlatih untuk
menguasai lima (5) hal yg sangat penting agar menjadi efektif. Latihan harus
dilakukan setiap saat, sehingga kelima hal tsb menjadi habits, seperti
mengemudi mobil yg kita lakukan tanpa berpikir lagi, sudah menjadi otomatis
dalam kegiatan kita.
Kelima hal tsb adalah:
1. Manajemen Waktu
2. Fokus Upaya anda
agar bisa memberi kontribusi pd siapa saja
3. Membuat kekuatan
kemampuan anda menjadi produktif bagi organisasi
4. Konsentrasi upaya
pada kegiatan terpenting yang menghasilkan hasil yg terbaik dan terbesar,
5. Membuat keputusan yg
efektif.
Hal pertama dan keempat adalah kunci
bagi seorang Eksekutif yg efektif.
Jumlah pekerjaan dan masalah sangat
banyak, tetapi waktu terbatas, sehingga manajemen waktu adalah mutlak bagi
eksekutif. Mulai dengan menghilangkan waktu yg digunakan untuk kegiatan tak
bermanfaat (nonton TV, telenovela, dll). Setelah waktu anda terbebas dari waktu
yg tak berguna, lalu konsentrasi pada kegiatan yg memberi hasil yg terbesar.
Juga pusatkan agar anda bergerak dgn kekuatan anda, atau anak buah
anda, dengan memilih tugas yang
paling sesuai dengan keahlian anda. Bidang yang tak begitu anda kuasai agar
diserahkan pada orang lain yang ahli dan mampu pada bidang tersebut. Jangan
takut mempunyai bawahan yang lebih pandai, karena justru mereka yg pandai itulah
yang akan mengangkat anda ketempat yg lebih tinggi.
Hal terakhir adalah pembuatan
keputusan yg efektif. Disini anda membutuhkan pemetaan masalah dan spesifikasi
keputusan yg efektif. Dan keputusan tidak akan berguna sebelum hal itu
dijalankan, dan dilanjuti dengan umpan balik dari pelaksanaan kegiatan tsb
"Seorang eksekutif yang ingin
mencapai sukses harus memiliki lima kunci sukses yaitu:
* Target karier
* Kompetensi
* Konsistensi
* Koneksi
* Komitmen
Pertama-tama, untuk menjadi seorang
eksekutif andal, dibutuhkan target karier yang ditulis dengan memetakan
imajinasi atau lebih dikenal dengan mind mapping. Satu jalur untuk setiap
target.
Setelah memetakan target, perlu
meningkatkan kompetensi yang kita miliki di bidang tersebut. Kemudian, secara
konsisten mengembangkan kompetensi tersebut. Setelah matang secara kompetensi,
kita perlu mencari koneksi tempat bekerja yang cocok dengan kompetensi yang
dimiliki. Setelah itu, kita harus memiliki komitmen dalam menjalankan pekerjaan
tersebut.
Dan untuk bisa bertahan di tempat
kerja yang baru diperlukan dua tips and trik. Pertama, kenali tempat Anda
melamar kerja kemudian ubah diri Anda dan sesuaikan dengan budaya tempat Anda
bekerja.
SUMBER: http://artikelkarir.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar