Pembelian dorongan atau impuls
membeli adalah keputusan yang tidak direncanakan
untuk membeli suatu produk atau jasa, yang dibuat sebelum pembelian. Orang yang
cenderung untuk melakukan pembelian tersebut disebut sebagai pembeli dorongan
atau pembeli impuls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi dan perasaan
memainkan peran penting dalam pembelian, dipicu dengan melihat produk atau
setelah terpapar pesan promosi baik dibuat.
6 Dorongan Hasrat Penting Membeli Produk baik itu offline
maupun online selalu ada dalam sifat dasar manusia. 6 dorongan hasrat inilah
yang mampu secara natural membangkitkan naluri universial setiap insan di dunia
untuk melakukan action, mengambil keputusan penting dan melakukan pembelian.
HASRAT, dan
berikut uraiannya:
1. H = HAL BARU
Manusia punya
sifat dasar pembosan dan ketidakpastian karena itu mereka butuh hal baru yang
lebih variatif. Coba saja anda makan bakso setiap hari 3 x sehari lalu sambil
menonton acara tv yang sama terus menerus maka tidak perlu anda bayangkan,
membaca ajakan ini saja mungkin dahi anda sudah berlipat-lipat. Di dunia
mayapun begitu silakan anda klik web google setiap anda browsing cari dan terus
mencari saya yakin laptop anda mungkin bisa berpindah tempat tapi kalau mau
“membanting” tunggu saya ya ada di “samping” ;) . Hal baru yang menyenangkan
dapat mendorong hasrat manusia untuk membeli produk apapun yang bisa membunuh
rasa bosan mereka.
2. A = AMAL
Sisi positif
manusia yang sangat sensitif adalah jiwa sosialnya, bila ada penderitaan
bencana alam banjir, gempa, tanah longsor, kebakaran dan kisah-kisah wong cilik
yang mengharukan maka manusia sedikit banyaknya akan tersentuh untuk
membelanjakan hartanya untuk membeli produk yang dapat membantu meringankan
penderitaan orang lain tsb . Contoh iklannya mungkin bisa seperti “Rp.5000,-
dari pembelian produk kami berarti anda telah turut menyumbang kepada fakir
miskin dan para korban bencana alam ”. Sisi amal dalam diri manusia dapat disentuh
untuk melakukan pembelian produk.
3. S = SUPERIOR
Tokoh hero sejak
anak-anak hingga dewasa yang namanya superman selalu dijadikan pahlawan
sebabnya simpel saja karena dia “lebih hebat” dalam hal penerbangan dan kebal
seperti debus daripada kebanyakan manusia biasanya. Tidak jarang manusia berani
membayar mahal untuk bisa dianggap paling superior. Jangan heran apabila nomor
plat mobil atau kartu telepon genggam yang cantik bisa bisa berharga puluhan
juta.
4. R = RELASI,
KESAMAAN, CINTA
Buku
yang bertuliskan The Best Seller akan lebih cepat terjual karena manusia
cenderung untuk ikut-ikutan atau mencari kesamaan. Rasa Cinta yang menggebu
bisa membuat gelap mata seorang pria ketika membelanjakan hartanya untuk
pasangan wanitanya. Relasi yang sudah lama terjalin mau tidak mau harus dijaga
dengan membelanjakan hadiah-hadiah untuk menambah erat hubungan bisnis.
5. A = AMAN DAN
KEPASTIAN
Hasrat manusia yang paling dasar adalah rasa
aman dan kepastian. Garansi barang atau uang kembali sudah menjadi jurus
andalan dalam penjualan produk dan
mempunyai dorongan hasrat yang tinggi untuk orang mau membeli apalagi ditambah
dengan produk yang berkualitas serta terbukti sehingga dapat menimbulkan rasa
puas kepada para pembeli. Harga yang jelas dan pasti harus dicantumkan di
setiap iklan yang disampaikan. Testimoni dari orang berpengaruh dan mereka yang
sudah membuktikan juga turut andil dalam menciptakan hasrat aman dan kepastian
dalam melakukan pembelian produk.
6. T = TUMBUH
Setiap individu
pasti selalu ingin tumbuh lebih baik dari sebelumnya, dari berjalan kaki lalu
bersepeda terus menjadi motor lalu bermobil dst dari mesin ketik ke komputer
lalu notebook dst mulai dari telepon genggam sebesar batu bata lalu smart phone
hingga telepon jam tangan ala james bond. Mereka pasti beli yakin saja karena
apabila tidak mampu membeli maka hasrat dorongan untuk tumbuh di dalam diri
akan terus mendesak dan mencari jalan untuk mengikuti hasrat tumbuh yang alami
tsb.
SUMBER : http://budihadmajaya.com/marketing/6-dorongan-hasrat-penting-membeli-produk.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar