AIDA adalah
singkatan yang digunakan dalam pemasaran dan iklan yang menggambarkan daftar
umum peristiwa yang mungkin terjadi ketika konsumen terlibat dengan iklan.
* A - Perhatian (Kesadaran): menarik
perhatian pelanggan.
* I - Bunga: meningkatkan minat
pelanggan dengan berfokus pada dan menunjukkan keuntungan dan manfaat (bukan
berfokus pada fitur, seperti dalam iklan tradisional).
* D - Desire: meyakinkan pelanggan bahwa
mereka inginkan dan menginginkan produk atau layanan dan bahwa hal itu akan
memenuhi kebutuhan mereka.
* A - Aksi: pelanggan mengarah kepada
mengambil tindakan dan / atau pembelian.
Menggunakan sistem seperti ini memberikan satu pemahaman
umum tentang bagaimana target pasar secara efektif. Pindah dari langkah ke
langkah, seseorang kehilangan beberapa persen dari prospek.
Istilah dan pendekatan biasanya dikaitkan dengan iklan
Amerika dan pelopor penjualan, E. St Elmo Lewis. Dalam salah satu publikasi
pada iklan, Lewis didalilkan setidaknya tiga prinsip yang iklan harus sesuai:
Misi dari iklan
adalah untuk menarik pembaca, sehingga ia akan melihat iklan dan mulai
membacanya, kemudian menarik baginya, sehingga ia akan terus membacanya,
kemudian untuk meyakinkan dia, sehingga ketika ia telah membaca itu ia akan
percaya. Jika iklan berisi tiga kualitas keberhasilan, itu adalah iklan yang
sukses .
Menurut FG Coolsen, "Lewis mengembangkan diskusi
prinsip salinan pada rumus bahwa salinan yang baik harus menarik perhatian,
membangkitkan minat, dan menciptakan keyakinan." [2] Bahkan, rumus dengan
tiga langkah muncul secara anonim dalam, 9 Februari 1898 . isu Ink Printers ':
"Misi iklan adalah untuk menjual barang Untuk melakukan hal ini, ia harus
menarik perhatian, tentu saja, tapi menarik perhatian adalah hanya detil
tambahan Pengumuman harus berisi materi yang akan menarik dan meyakinkan
setelah. perhatian telah menarik ".
Pentingnya menarik perhatian pembaca sebagai langkah pertama
dalam menulis copy diakui di awal literatur iklan seperti yang ditunjukkan oleh
Handbook untuk Pengiklan dan Panduan Beriklan:
Kata-kata pertama
selalu dicetak di ibukota, untuk menangkap mata, dan penting bahwa mereka harus
seperti akan cenderung untuk menangkap perhatian orang-orang kepada siapa
mereka ditangani, dan mendorong mereka untuk membaca lebih lanjut.
Sebuah pendahulu untuk Lewis adalah Joseph Addison Richards
(1859-1928), seorang agen periklanan dari New York City yang menggantikan
ayahnya ke arah salah satu biro iklan tertua di Amerika Serikat. Pada tahun
1893, Richards menulis sebuah iklan untuk bisnis yang mengandung hampir semua
langkah-langkah dari model AIDA, tetapi tanpa hirarki memerintahkan
masing-masing elemen:
Bagaimana untuk
menarik perhatian pada apa yang dikatakan dalam iklan Anda, bagaimana untuk
menahannya sampai berita diceritakan, bagaimana untuk menginspirasi kepercayaan
dalam kebenaran apa yang Anda katakan, bagaimana untuk membasahi selera untuk
informasi lebih lanjut, bagaimana untuk membuat informasi yang memperkuat kesan
pertama dan menyebabkan pembelian, bagaimana melakukan semua ini, - Ah, itu
mengatakan, berita bisnis mengatakan, dan itu bisnis saya .
Antara Desember 1899 dan Februari 1900, Karpet Bissell
Perusahaan Sweeper menyelenggarakan kontes untuk iklan ditulis terbaik. Fred
Macey, ketua Fred Macey Co di Grand Rapids (Michigan), yang dianggap ahli
periklanan pada waktu itu, ditugaskan tugas untuk memeriksa pengiriman ke
perusahaan. Dalam tiba pada suatu keputusan, ia menganggap antara lain setiap
iklan di hormat berikut:
1 Iklan harus
menerima "Perhatian," 2d. Memiliki perhatian yang harus membuat
"Bunga," 3d. Memiliki minat pembaca harus menciptakan "Keinginan
untuk membeli," 4. Setelah menciptakan keinginan untuk membelinya harus
membantu "Keputusan".
Contoh pertama yang diterbitkan atas konsep umum,
bagaimanapun, adalah dalam sebuah artikel oleh Frank Hutchinson Dukesmith pada
tahun 1904. Empat Dukesmith ini adalah langkah perhatian, minat, keinginan, dan
keyakinan. Contoh pertama dari singkatan
AIDA berada di sebuah artikel oleh CP Russell pada tahun 1921 di mana ia
menulis:
Cara mudah untuk
mengingat rumus ini adalah untuk memanggil dalam "hukum asosiasi,"
yang merupakan handal tua diantara alat bantu memori. Perlu dicatat bahwa,
membaca ke bawah, huruf pertama dari kata-kata mantra opera Ketika Anda memulai
surat "Aida.", Kemudian, mengatakan "Aida" untuk diri
sendiri dan Anda tidak akan pergi jauh salah, setidaknya sejauh sebagai bentuk
surat yang bersangkutan.
[Sunting] Pengembangan Baru
Kemudian versi teori telah mengedit langkah AIDA. fase baru
seperti kepuasan (Aidas) dan kepercayaan (AIDCAS) telah ditambahkan.
* S - Kepuasan - memuaskan pelanggan
sehingga mereka menjadi pelanggan berulang dan memberikan arahan untuk produk.
Salah satu modifikasi yang signifikan dari model adalah
pengurangan untuk tiga langkah (CAB) [11]:
* Kognisi (Kesadaran atau belajar)
* Mempengaruhi (Feeling, bunga atau
keinginan)
* Perilaku (Aksi).
Seiring dengan perkembangan ini datang pandangan yang lebih
fleksibel dari urutan langkah-langkah yang diambil, menunjukkan bahwa
pengaturan yang berbeda dari model mungkin terbukti lebih efektif untuk
berbagai konsumen produk-hubungan.
Selain itu, sebagai ahli telah meneliti teori ini praktek
lebih pasti dan teori telah dikembangkan termasuk TIREA tersebut skala yang
berfokus pada mogok proses pengambilan keputusan menjadi komponen-komponen
lebih jelas. Setiap langkah berfokus pada perjalanan progresif melalui proses
pengambilan keputusan.
* T - Pemikiran
* I - Bunga
(Desire)
* R - Risiko (Evaluasi)
* E - Engagement
* A - Aksi
Bagian Pemikiran
dari proses pengambilan keputusan dapat terjadi secara acak dan dirangsang oleh
berbagai rangsangan, tetapi menghasilkan sedikit tidak ada perhatian oleh
seorang individu. Ini hanya menciptakan kesadaran sesuatu tapi menghasilkan
sedikit atau tidak tertarik. Mirip dengan melihat makanan setelah satu telah
menjadi penuh setelah makan ... seseorang mungkin menyadari makanan yang ada
tapi ada sedikit kebutuhan atau kepentingan dalam memperoleh hal itu.
Bunga terjadi
ketika seseorang ingin atau membutuhkan sesuatu - kelaparan adalah contoh.
Tingkat bunga (atau keinginan) meningkat sebagai kelaparan dan atau keinginan
dan keinginan meningkat.
Risiko dan evaluasi itu
terjadi sebagai peningkatan suku. Seseorang mungkin menginginkan steak tapi
menahan mendapatkan itu karena biaya, atau alasan lain (seperti masalah
kesehatan yang terkait, dll)
Engagement -
Sebuah respon emosional ketika Bunga dan Keinginan melebihi Risiko.
Aksi - Sebuah
respon fisik untuk memperoleh apa yang diinginkan dan keinginan dan bersedia
menanggung risiko dan / atau biaya dalam memperoleh hal itu.
Karakter Blake dalam film
Glengarry Glenn Ross oleh David Mamet membuat referensi penting untuk AIDA. Sebuah
perbedaan kecil di sini adalah bahwa D dalam pembicaraan motivasi Blake
didefinisikan sebagai keputusan yang bukan keinginan, mungkin menyiratkan bahwa
langkah ketiga tidak hanya imbues pelanggan dengan kerinduan produk tetapi juga
bersedia untuk berkomitmen positif terhadap pembelian.
SUMBER : http://en.wikipedia.org/wiki/AIDA_(marketing)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar