Kamis, 24 November 2011

KOPERASI SIMPAN PINJAM "SAHATE"


KOPERASI SIMPAN PINJAM

                      Pengertian dari Koperasi Simpan Pinjam yaitu merupakan salah satu bentuk organisasi ekonomi yang dipilih oleh sebagian anggota masyarakat dalam rangka meningkatkan kemajuan ekonomi serta kesejahteraan hidupnya. Masyarakat akan memilih Koperasi jika organisasi ekonomi tersebut dirasakan atau diyakini bisa mendatangkan manfaat lebih besar baginya dari  pada bentuk organisasi ekonomi lain. Sebuah Koperasi dikatakan berhasil atau sukses jika mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Koperasi dapat mensejahterahkan anggotanya, karena ia menciptakan nilai tambah dari usaha mereka. Dalam hal ini, semakin baik kinerja Koperasi, maka semakin besar kemampuan Koperasi mensejahterakan anggotanya. Semakin besar peran Koperasi memperbaiki kesejahteraan anggotanya, semakin tinggi partisipasi mereka dalam kegiatan Koperasi. Jadi, hubungan antara kinerja Koperasi, partisipasi anggota dan kesejahteraan anggota adalah hubungan yang saling mempengaruhi. Oleh karna itu dapat dikatakan bahwa peranan koperasi sangat besar bagi anggotanya. Dari semua hal tersebut Koperasi dapat di jadikan contoh dimana para anggotanya mendapat berbagai keuntungan semua itu tidak terlepas dari peranan koperasi dalam mensejahterhkan  anggotanya. Koperasi karyawan merupakan salah satu jenis koperasi yang  di Indonesia.

Sesuai dengan apa yang telah saya analisa, terhadap salah satu koperasi di daerah Kelurahan Sukahati Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor sebagai berikut .
Profile Koperasi : Koperasi Simpan pinjam, Koperasi SEHATE yang didirikan pada 27 Mei 2006. Yang terletak di Perum Pemda BCE Blok C6 Jalan Tanjung 1 No. 18 RT 08 RW 09. Cibinong Bogor 16913.

Koperasi Simpan Pinjam ini dirikan dengan tujuan :
1. Meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup anggota pada khusus nya dan masyarakat pada umumnya .
2. Memberikan Pinjaman uang pada anggota dengan bunga ringan .
3. Menambah pengetahuan koperasi pada anggota .



Koperasi Simpan Pinjam akan berakhir apabila :
1. Seseorang itu Meninggal.
2. Seseorang tersebut minta berhenti atas permintaan nya sendiri.
3. Diberhentikan penggurus karena tidak lagi memenuhi Syarat keanggotaan.
4. Diberhentikan pengurus karena tidak mengindahkan kewajibannya sebagai anggota atau melakukan sesuatu yang merugikan koperasi


Selain usaha Simpan Pinjam, Koperasi SEHATE juga memiliki usaha lain yang bertujuan membantu masyakarat sekitar . Seperti menjual barang – barang sembako dengan harga murah, Peralatan sekolah dan alat tulis.

SUSUNAN PENGURUSAN KOPERASI SIMPAN PINJAM SEHATE
Pembina : Hj. Zuraedah
Penasehat : Rohadi

BADAN PENGURUS
Ketua : Titi Khaeria
Wakil ketua : Dedi sardadi
Sekertaris : Eko Budisusetio
Bendahara : Rustam Aji
Bidang Akuntansi : Martoyo
Badan Simpan pinjam : Burhannudin Efendi
Bidang usaha : Sri Utami, Nurhadijah

BADAN PENGAWAS
M. Firdaus, Yanto
PINJAMAN KOPERASI
A.    Pinjaman uang
Pinjaman uang adalah pinjaman yang diberikan kepada anggota Koperasi Simpan Pinjam dengan jangka waktu maksimal 6 bulan dan maksimal pinjaman sebesar Rp. 5.000.000 sedangkan untuk jasanya sebesar 0,3 % per tahun.
B.     Pinjaman barang adalah pinjaman yang berupa pembelian barang dimana koperasi memiliki usaha kerjasama dengan perusahaan yang mengadakan open tabel/demo produk untuk memasarkan produknya kepada anggota koperasi.
SIMPANAN KOPERASI
 Syarat: Simpanan awal sebesar Rp. 10.000,- dibayar saat pendaftaran menjadi anggota Koperasi Simpan Pinjam.

Simpanan Wajib
Menjadi anggota Koperasi Simpan Pinjam.
 Tiap bulan dipotong dari gaji anggota sebesar Rp. 50.000,-
  Tidak berlaku suku bunga.

Simpanan Sukarela
Menjadi anggota Simpan Pinjam.
Simpanan Sukarela ini adalah simpanan anggota yang ingin menyimpan uangnya di Koperasi Simpan pinjam tanpa ada batasan jumlah.
Simpanan sukarela ini bisa diambil sewaktu-waktu.
Tidak berlaku suku bunga.
Manfaat koperasi makmur jaya
-          Dengan bahasa yang lebih sederhana, investasi (Simpanan Pokok + Simpanan Wajib) setiap anggota Kopkar menghasilkan keuntungan berupa “uang tunai”
-          Selain itu koperasi SEHATE juga memberikan fasilitas pinjaman kepada para anggotanya.

1 komentar:

  1. Baik Kabar
    Nama saya SUFRIDHA TRISUCI, warga Indonesia, dari Medan kota. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, Beberapa kreditur ada disini untuk menipu orang dan merobek uang hasil jerih payah mereka tapi Ibu Glory perusahaan berbeda
    Beberapa bulan yang lalu, saya sangat membutuhkan pinjaman tapi bank tidak dapat menawarkan saya, karena mereka memerlukan agunan yang nyata, yang tidak dapat saya menyediakan. Saya memutuskan untuk mengajukan online pinjaman dan Saya ditipu sekitar 200 juta, mencoba untuk membayar biaya tak berujung mereka yang saya tidak pernah tahu itu semua bohong dan cara mereka menipu orang-orang yang tidak bersalah yang membutuhkan pertolongan. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Glory, pemilik sebuah GLORY PINJAMAN PERUSAHAAN, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp950,000,000 dalam waktu kurang dari 6 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu Glory mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

    Saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Ibu Glory, sehingga orang-orang dari Medan dan Indonesia bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: sufridhatrisuci12@gmail.com dan Bu dewi Rumapea yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga menerima pinjaman dia dari Ibu Glory. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: dewiputeri9@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Glory untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

    BalasHapus